2014-11-13

Sejarah Berdirinya Kota Sidoarjo - Kota Lumpur

Sejarah Berdirinya Kota Sidoarjo menjadi artikel yang menarik untuk menambah ilmu pengetahuan anda tentang bagaimana asal-muasal kota ini di Indonesia. Kota yang terkenal dengan lumpur Lapindo ini menjadi sorotan dunia ketika mengeluarkan lumpur panas yang hampir menenggelamkan wilayahnya. Tidak hanya manusia, berbagai ekosistem terkena dampak akibat dari aktivitas perusahaan tersebut.

seperti kota-kota lain di Indonesia, kota ini juga  berawal dari sebuah kerajaan yang bernama Janggala. Ketika Belanda masuk ke Indonesia, Kota ini kemudian diberi nama Sidokare. Wilayah ini dipimpin oleh seorang patih bernama R. Ng. Djojohardjo.

Wilayah ini merupakan keputusan Belanda untuk membagi kota Surabaya menjadi dua yakni Kota Surabaya sendiri dan Kota Sidokare pada tahun 1859. Usai dibagi Belanda menetapkan  R. Notopuro (kemudian bergelar R.T.P Tjokronegoro) yang berasal dari Kasepuhan terpilih menjadi pemimpin wilayah tersebut. R.
Nama Sidokare kemudian dianggap memiliki konotasi yang tidak bagus, dan pada 28 Mei 1859, nama Kabupaten Sidokare diubah menjadi Kabupaten Sidoarjo. Indonesia kemudian diambil alih oleh Jepang pada tahun 1942. Hal ini juga berdampak dengan Sidoarjo juga masuk di bawah kekuasaan Pemerintahan Militer Jepang.  Pada tanggal 15 Agustus 1945, Jepang menyerah pada Sekutu.

Permulaan bulan Maret 1946 Belanda mulai aktif dalam usaha-usahanya untuk menduduki kembali daerah ini. Ketika Belanda menduduki Gedangan, pemerintah Indonesia memindahkan pusat pemerintahan Sidoarjo ke Porong. Daerah Dungus (Kecamatan Sukodono) menjadi daerah rebutan dengan Belanda. Tanggal 24 Desember 1946, Belanda mulai menyerang kota Sidoarjo dengan serangan dari jurusan Tulangan. Sidoarjo jatuh ke tangan Belanda hari itu juga. Pusat pemerintahan Sidoarjo lalu dipindahkan lagi ke daerah Jombang.

Pemerintahan pendudukan Belanda (dikenal dengan nama Recomba) berusaha membentuk kembali pemerintahan seperti di masa kolonial dulu. Pada November 1948, dibentuklah Negara Jawa Timur salah satu negara bagian dalam Republik Indonesia Serikat. Sidoarjo berada di bawah pemerintahan Recomba hingga tahun 1949. Tanggal 27 Desember 1949, sebagai hasil kesepakatan Konferensi Meja Bundar, Belanda menyerahkan kembali Negara Jawa Timur kepada Republik Indonesia, sehingga daerah delta Brantas dengan sendirinya menjadi daerah Republik Indonesia

Ingin tahu sejarah kota lain di Indonesia? Silakan kunjungi website kami di www.tintasejarah.com. Dapatkan informasi tentang sejarah masa lampau baik sejarah kota, sejarah tempat, sejarah perang, dan berbagai kisah lampau yang menarik lainnya. Pastinya semua yang kami sajikan akan menarik anda pada pengalaman masa lalu yang belum anda ketahui selama ini.

Copyright © 2013 Blog Carrodefogo: Sejarah Berdirinya Kota Sidoarjo - Kota Lumpur | www.bookie7.co